GAME ONLINE: DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF UNTUK ANAK

Siapa yang tidak tahu dengan video game? Video game adalah sebuah permainan yang menggunakan perangkat untuk mengoperasikan dan memainkan video game. Video game menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dan menghibur. Tidak hanya untuk pria, wanita pun saat ini juga menyukai video game. Video game juga bisa dimaikan oleh setiap generasi tidak hanya oleh anak – anak orang dewasa pun juga suka memainkan video game. Namun apakah video game baik untuk perkembangan anak atau malah menjadi hal buruk yang dapat membuat mereka menjadi lebih malas bergerak atau meniru adengan game yang mereka mainkan? 

Video Game
pixabay


Nah kali ini kita akan membahas apa saja dampak baik dan buruk Ketika anak memaikan video game. Video game pertama kali  dikenal di tahun 1957 diciptakan oleh Wiliam Highbotham dengan game Tennis for Two di computer analog besar yang terhubung dengan layer osiloskop. Pada tahun 1972 arcade game pertama kali dirilis yaitu Pong. Lalu seiring perkembangan teknologi saat ini video menjadi sangat berkembang dimana sekarang sudah bisa bermain game dimana dan kapan saja karena sudah berbasis online. Game online saat ini sudah bisa dimainkan menggunakan HP sebagai alat untuk memainkannya. Game online seperti mobile legend, PUBG, free fire dan game lainnya yang bisa dimaikan dimana saja dan bisa terhubung dengan pemain di seluruh dunia. 

Anak – anak menjadi player yang sangat menggemari online tersebut karena mereka ingin seperti player game online yang mereka idolakan. Kecanduan game online menjadi PR penting bagi orang tua bagaimana cara untuk membatasi anak – anak dalam bermain game agar tidak semakin berlebihan namun sisi lain ada dampak positif yang diberikan Ketika anak – anak bermain game online. Berikut beberapa dampak positif dan negatif untuk anak :


Dampak Positif Video Game


positif Video Game


1. Melatih Konsentrasi

Dengan bermain game anak – anak diminta untuk berkonsentrasi dengan game yang sedang mereka mainkan. Konsetrasi yang baik akan meningkatkan daya fokus anak terhadap apa yang sedang mereka kerjakan sehingga mereka bisa mengerjakan sesuatu dengan baik, baik itu dalam game maupun dalam belajar.

2. Melatih Kerjasama

Bermain game online bersama teman – teman akan melatih Kerjasama tim dalam game yang tentuu akan berdampak baik karena mampu mengambil keputusan yang baik bagi tim. Tentu akan berdampak pada kehidupan nyata dimana akan lebih peka terhadap dengan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan lerjasama tim

3. Melatih Kemampuan berpikir

Game online menuntut para player untuk mengambil keputusan secara cepat dengan mengamati bagaimana game berjalan. Kemampuan berpikir ini sangat penting karena akan melatih pengambilan keputusan secara cepat dan memperhitungkan kemungkinan yang akan terjadi. Anak – anak yang sering bermain game online akan lebih mudah melihat sebuah permasalahan secara menyuluruh dan mereka akan lebih cepat bereaksi untuk mengambil keputusan.

4. Melatih kemampuan berbahasa inggirs

Kemampuan Bahasa inggris anak akan menjadi terlatih karena fitur yang digunakan menggunakan Bahasa inggris sehingga anak – anak akan terbiasa dengan Bahasa inggris yang ada dalam game. Selain itu juga bermain game online menambah pertemenan dengan berbagai orang di berbagai dunia yang menambah kemampuan Bahasa menjadi lebih banyak.

5. Meningkatkan rasa sportivitas 

Bermain game online tentunya akan meningkatkan sportivitas anak baik dengan tim maupun dengan lawan sehingga menimbulkan rasa saling menghargai satu sama lain yang membuat anak – anak menjadi lebih peduli.

6. Menghilangkan stress

Stres tidak hanya dimiliki orang dewasa saja, anak – anak juga dapat mengalami stress seperti pelajaran sekolah yang sangat banyak atau rutinitas kegiatan sehari – hari. Bermain game online dapat menghilangkan rasa stress dan juga bosan yang dialami anak – anak sehingga mereka mampu untuk mengontrol rasa stress mereka.


Dengan bermain game online anak – anak menjadi lebih peka terhadap sekitar dan mampu menjadi pribadi yang menghargai satu sama lain. Selain itu juga bermain game online dapat melatih ketangkasan anak – anak dengan reflek tubuh atau indra sehingga baik untuk anak. Melatih kesabaran anak melalui game juga sangat dapat dirasakan karena harus menyelesaikan misi – misi yang membuat mereka harus sabar untuk menyelesaikan game tersebut.


Dampak Negatif Video Game


Dampak Negatif


1. Menjadi kecanduan

Kecanduan game online menjadi permasalahan penting yang harus di atasi oleh para orang tua agar anak – anak tidak terlalu kecanduan bermain game online karena menyebabkan kurangnya  aktifitas fisik.

2. Menjadi mudah Lelah

Duduk seharian bermain game online dengan memegang HP atau pun di depan computer tentunya sangat tidak baik bagi tumbuh kembang anak – anak karena aktifitas fisik menjadi minim yang membuat anak menjadi lebih mudah Lelah dengan melakukan aktifitas yang lain sehingga menyebabkan rasa malas.

3. Menjadi gelisah

Anak – anak yang sudah mengalami kecanduan game yang berlebihan maka akan menjadi gelisah ketika dilarang bermain game dan mudah marah karena tidak diijinkan bermain game oleh orang tua. Ini akan berdampak pada kehidupan sehari – hari akibat kecanduan game terlalu berlebihan

4. Kurangnya interaksi sosial

Kecanduan game yang sudah parah akan menyebabkan anak menjadi tidak ingin bersosialisasi dengan sekitar dan hanya fokus pada game yang mainkan. mengakibatkan tingkat kepercayaan diri menjadi berkurang dan lebih memilih untuk menarik diri dari kehidupan sosial

5. Jam tidur terganggu

Bermain game hingga larut malam sering terjadi oleh anak – anak karena mereka ingin segera menyelesaikan game tersebut ataupun merasa masih kurang lama bermain sehingga jam tidur akan sangat terganggung bila hal tersebut terus berlangsung dan akan sangat mengganggu aktifitas mereka diluar jam bermain game seperti sekolah atau sebagainya.

6. Menganggu Kesehatan

Kecanduan bermain game berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti kesehatan mata yang terus menatap layar hp ataupun computer dalam waktu yang lama. Selain itu masalah persendian dan otot diakibatkan posisi tubuh yang selalu sama dengan waktu yang lama mengakibatkan otot menjadi kram seperti leher yang terus menunduk mengakibatkan otot leher menjadi kaku. Kesehatan mental akan terganggu ketika sudah kecanduan game online anak – anak yang mempengaruhi dari sikap dan sifat mereka akibat dari kekalahan yang terus yang dialami ataupun tidak mampu untuk membendung rasa kesal dan marah yang diakibatkan kecanduan game yang berlebihan.

7. Memicu halusinasi

Kecanduan game dapat memicu halusinasi parah karena anak – anak terus mendengarkan suara yang sama dengan waktu yang lama sehingga itu sampai terbawa mimpi yang mengakibatkan halusinasi yang parah.

Game online menjadi digemari saat ini dikalangan anak – anak selain seru juga menyajikan animasi yang sangat menarik sehingga anak – anak suka bermain hingga berjam – jam lamanya. Selain itu game online menjadi komuditas yang menjanjikan karena dapat menghasilkan uang hanya dengan bermain game sehingga anak – anak tertarik ingin melakukannya. Peran orang tua sangat penting dalam kasus kecanduan game online pada anak – anak. 

Perlu adanya pengawasan yang ketat dari orang tua sehingga anak – anak mampu untuk mengatur waktu bermain game online agar tidak kecanduan. Harus diimbangi dengan aktifitas fisik dan juga sosialisasi terhadap sekitar agar selalu mengingat bahwa tidak selalu game yang menjadi fokus utama bagi anak – anak. Sangat penting bagi orang tua untuk memberi batas toleransi pada anak untuk bermain game karena dampak negatif yang mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental anak.



Posting Komentar

0 Komentar