Sekolah Berbasis Teknologi, Mudahkan Pembelajaran di Masa Pandemi

Literasi digital sangat penting bagi peserta didik dalam meningkatkan pemahaman aspek pembelajaran di sekolah. Perkembangan teknologi saat ini juga dapat dimanfaatkan oleh insan pendidikan sebagai media peembelajaran.  Penerapan sekolah berbasis teknologi membantu peserta didik mendapatkan akses belajar yang lebih baik. Meskipun demikian, praktik belajar secara konvensional juga masih dibutuhkaan oleh peserta didik. Namun, dengan memanfaatkan teknologi sebagai media dalam pembelajaran akan mengembangkan modernisasi sistem pendidikan di sekolah. 


Sumber: Pixabay


Sekolah berbasis teknologi juga dapat menjadi solusi pembelajaran yang efektif di masa Pandemi Covid-19 ini. Adanya pandemi berakibat terhadap kegiatan belajar mengajar harus yang dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran Pandemi Covid-19. Pendidik dan peserta didik tidak perlu melakukan pembelajaran tatap muka secara intensif karena dapat dilakukan secara daring. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembelajaran berbasis teknologi, di antaranya adalah sebagai berikut:


Kesiapan Alat Belajar Berbasis Teknologi


Dengan adanya konsep smart digital learning mampu menjadi sistem pembelajaran yang efektif di masa Pandemi Covid-19. Maka dari itu, keperluan alat belajar menjadi faktor utama dalam pembelajaran. Contohnya adalah menggunakan tablet sebagai alat utama peserta didik dalam belajar. Semua kegiatan pembelajaran di sekolah dapat dilakukan melalui tablet. Materi dan metode pembelajaran juga dapat disesuaikan dengan penggunaan alat belajar. Pendidik juga dapat memantau seluruh kegiatan belajar peserta didik melalui  alat belajar tersebut. 


Standarisasi Pendidik dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi


Demi terlaksananya tujuan pembelajaran berbasis teknologi, pendidik juga haruss memiliki standar kemampuan dalam mengoperasikan alat belajar sebagai media pembelajaran. Jika pendidik memiliki kesiapan yang baik dalam menggunakan alat belajar, maka peserta didik juga akan mendapatkan materi pembelajaran yang baik sehingga dapat memaksimalkan proses pembelajaran. Dengan adanya standarisasi pendidik berbasis teknologi diharapkan semua pendidik dapat mengoperasikan alat belajar tersebut sebagai media pembelajaran utama di masa pandemi.


Fitur-fitur Penunjang Sekolah Berbasis Teknologi 


Pendidik dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam alat belajar sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar. Terdapat banyak aplikasi  yang tersedia contohnya seperti  aplikasi konferensi secara daring, media presentasi materi, aplikasi pembelajaran yang memiliki fungsi sebagai media pengumpulan tugas ataupun pemantauan belajar peserta didik. Adanya fitur-fitur penunjang pembelajaran dapat mengkoordinir kegiatan belajar mengajar peserta didik secara daring. Kendati demikian, peserta didik juga harus berperan aktif dalan memanfaatkan fitur-fitur tersebut agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. 


Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik agar Tercapai Tujuan Pembelajaran


Faktor penting lainnya adalah perlunya sinergi antara orang tua dan pendidik agar terlaksananya pembelajaran berbasis teknologi ini secara efektif. Pendidik dapat melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kemudian perlu adanya motivasi dan dukungan orang tua terhadap peserta didik agar dapat mengikuti pembelajaran di sekolah dengan baik. Dengan adanya pembelajaran secara daring ini, peserta didik dapat memaksimalkan pembelajaran menggunakan alat belajar. Pendidik juga dapat meminimalisir pemberian tugas yang berlebihan untuk mengurangi keluhan peserta didik akibat tugas-tugas yang diberikan. Dengan pembelajaran berbasis teknologi, peserta didik mampu memaksimalkan kemampuan kognitifnya dalam berperan aktif ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung baik secara daring maupun luring.


Posting Komentar

0 Komentar